Alergi MSG? Berikut Bumbu Penyedap Masakan Pengganti MSG

Alergi MSG? Berikut Bumbu Penyedap Masakan Pengganti MSG

Penggunaan MSG pada masakan untuk menguatkan cita rasa makanan sudah menjadi hal umum di Indonesia. Bahkan sebagian orang merasa kurang mantap jika pada masakannya tidak menggunakan MSG.

Ketergantungan terhadap MSG untuk menyedapkan masakan ini tentu perlu diperhatikan lebih serius lagi, terlebih pada penggunaan yang berlebihan. Terus mengkonsumsi MSG setiap hari dan secara berlebihan tentu dikhawatikan akan memberi dampak pada kesehatan jangka panjang. Oleh sebab itu, penggunaan penyedap rasa ini harus dibatasi dengan bijaksana.

Selain menggunakan MSG, meningkatkan cita rasa masakan sebenarnya bisa menggunakan bahan-bahan lain. Salah satu bahan yang sering digunakan adalah rempah-rempah. Indonesia memang kaya akan berbagai jenis rempah-rempah, sehingga tak heran sejak dahulu setiap masakan Indonesia selalu menggunakan berbagai bahan rempah-rempah.

Berikut adalah bahan penyedap alternatif pengganti MSG bagi anda :

Bawang Merah

Bawang merah memang bisa dikatakan menjadi bumbu dasar hampir setiap masakan Indonesia. Rempah satu ini bisa memberikan rasa gurih pada masakan, selain itu juga bawang merah bisa diolah menjadi bawang goreng untuk dijadikan taburan dan memberikan tekstur garing serta menambah aroma sedap.

Bawang Putih

Sama seperti bawang merah, bawang putih juga digunakan pada hampir semua masakan. Penambahan bawang putih memang memberikan aroma khas yang bisa menggugah selera makan.

Merica

Merica atau sering juga disebut lada memiliki rasa pedas segar, sehingga menambah rasa hangat pada masakan. Aromanya juga kuat untuk menggugah selera, dan bisa menambah rasa gurih yang khas.

Kunyit

Selain untuk menambah warna kuning pada masakan, kunyit juga memiliki aroma sangat khas, serta memberikan rasa yang unik. Kunyit juga bisa menghilangkan bau amis pada masakan.

Selain rempah-rempah, bahan berikut juga bisa dijadikan penambah rasa pada masakan :

Jamur

Bahan satu ini biasa dijadikan pengganti daging bagi vegetarian. Jamur memang memiliki rasa gurih, dan bisa sama seperti citarasa daging jika diolah dengan tepat. Kandungan rasa gurih di dalamnya tentu bisa menggantikan rasa MSG.

Tomat

Tomat dikenal untuk memberikan rasa asam pada masakan. Namun ternyata kandungan dalam tomat bisa memberikan rasa umami seperti saat kita menambahkan MSG pada masakan.

Gula dan Garam

Gula dan garam sejatinya adalah bumbu masakan yang bisa dikatakan wajib digunakan. Takaran yang pas dari kedua bumbu ini tentu akan menambah kelezatan pada masakan kita.

Kaldu

Aneka kaldu bisa menjadi pilihan untuk menggantikan MSG. Kaldu sendiri bisa dibuat dari rebusan daging sapi, ayam, udang, ikan atau jamur. Selain itu bisa ditambahkan bahan-bahan lain seperti wortel, seledri, daun bawang, bawang bombay, bawang putih, jahe, dan daun salam.

Sayangnya dalam pembuatan kaldu ini kita harus menunggu proses perebusan yang cukup lama, apalagi jika kita membuat banyak untuk disimpan tentu cukup repot dalam hal penyimpanannya. Namun anda tidak perlu khawatir karena Kaldu AlaNia hadir sebagai solusi terbaik bagi anda yang menginginkan kelezatan kaldu sehat alami tanpa MSG.

Ternyata alternatif pengganti MSG banyak dan memudahkan kita untuk tetap menciptakan masakan yang lezat namun tetap sehat bagi tubuh kita. Hanya tinggal meracik bahan-bahan di atas untuk mendapatkan citarasa lezat yang kita inginkan, atau jika ingin lebih mudah hanya tinggal taburkan Kaldu AlaNia pada masakan kita untuk mendapatkan masakan yang lezatnya sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.