Suka Makan Gorengan? Ini Cara Membuat Gorengan Sehat

Suka Makan Gorengan? Ini Cara Membuat Gorengan Sehat

Gorengan memang makanan ringan yang banyak digemari orang Indonesia. Teksturnya yang renyah dan rasa yang gurih tentu asik untuk menemani kita di kala santai. Namun gorengan memang memiliki dampak negatif tersendiri. Proses memasak dengan cara digoreng membuat jumlah kalori dan lemak trans meningkat, apalagi gorengan yang dijual para pedagang kaki lima tentu menggunakan minyak yang sudah digunakan sebelumnya. Lantas bagaimana kita ingin menikmati gorengan yang lebih sehat? Berikut cara membuat gorengan sehat di rumah.

Gunakan Minyak yang Baik

Pemilihan minyak yang digunkanan saat menggoreng merupakan salah satu cara kita menjadikan gorengan lebih sehat. Gunakanlah olive oil, canola oil, dan sesame oil yang tidak menyebabkan penumpukan kolesterol jahat (LDL) di dalam tubuh, sehingga baik digunakan untuk mengolah gorengan.

Gunakan Minyak Goreng Baru

Minyak goreng memang bisa digunakan dalam 2-3 kali pemakaian, namun sebaiknya mengganti minyak goreng baru jika sudah berubah warna dan aromanya. Minyak goreng yang sudah digunakan beberapa kali akan menurun kualitasnya dan membentuk senyawa dan radikal bebas yang berbahaya bagi kesehatan. Apalagi jika menggunakan minyak jelantah yang juga bisa merusak rasa dan aroma gorengan yang kita buat.

Pilih Terigu Bebas Gluten

Tepuk yang biasa digunakan pada umunya adalah tepung terigu serba guna, namun ternyata tepung terigu tersebut mengandung gluten yang mengakibatkan gorengan menyerap lebih banyak minyak saat penggorengan. Gunakanlah tepung beras atau jagung yang bebas gluten.

Tambahkan Baking Soda pada Adonan

Penambahan baking soda pada adonan akan membuat gorengan menjadi lebih garing dan renyah. Selain itu juga akan terhindar dari lemak karena lebih sedikit menyerap minyak saat digoreng.

Perhatikan Suhu Minyak Goreng

Suhu minyak goreng yang pas untuk membuat gorengan adalah sekitar 150-200 derajat celcius. Pastikan suhu tersebut terjaga karena jika minyak terlalu panas akan membuat gorengan cepat matang dan bisa gosong. Sedangkan jiga minyak belum panas akan membuat gorengan menyerap minyak lebih banyak dan menjadi tidak renyah.

Keringkan Minyak dengan Tisu

Setelah selesai digoreng, tiriskan terlebih dahulu gorengan agar minyak berkurang. Selain baik untuk kesehatan, tentu akan lebih nikmat saat dikonsumsi.

Pilih Bahan Makanan Sehat

Dalam membuat gorengan tentu kita perlu bahan makanan yang akan diolah. Pastikan memilih bahan makanan sehat dengan banyak nutrisi untuk kita konsumsi, termasuk bumbu yang digunakan. Sayuran dan buah seperti pisang bisa dijadikan bahan utama. Untuk menambah rasa, gunakan penyedap sehat alami tanpa MSG. Selain lezat tentu akan membuat makanan lebih sehat. Penyedap yang bisa digunakan untuk membuat gorengan sehat tentu bisa menggunakan Kaldu AlaNia yang dibuat dari bahan segar pilihan, dan tanpa pengawet serta tanpa MSG.

Itulah cara membuat gorengan sehat dari Kaldu AlaNia yang bisa kalian coba di rumah. Dengan memilih cara sehat untuk konsumsi kita tentu akan memberikan dampak positif juga pada tubuh kita sendiri. Jika ada pilihan makan enak dan sehat, mengapa kita harus bertaruh dengan kesehatan kita sendiri.

 

Kaldu AlaNia – Lezatnya Sehat

www.kaldualania.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.