Seledri, Sayuran ‘Tak Penting’ yang Ternyata Banyak Manfaat

Seledri, Sayuran ‘Tak Penting’ yang Ternyata Banyak Manfaat

Seledri mungkin bagi sebagian orang tidak dianggap penting dalam masakan. Penggunaan yang paling sering di Indonesia adalah pada sup, atau bakso sebagai hiasan untuk mempercantik tampilan makanan atau bisa juga dibuat jus. Rasanya yang unik membuat sebagian orang tidak suka dengan tambahan seledri pada makanan dan sering diremehkan. Namun ternyata seledri mempunyai kandungan dan manfaat yang baik bagi tubuh kita.

Seledri sebenarnya memiliki banyak nutrisi yang berguna bagi kesehatan tubuh, seperti serat, asam folat, vitamin A, vitamin C, vitamin K, kalium, zat besi, magnesium, flavonoid, hingga antioksidan. Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dengan konsumsi seledri :

Menurunkan Kadar Kolesterol

Meskipun kolesterol diproduksi secara alami oleh tubuh, namun saat kandungan kolesterol terlalu berlebihan maka perlu menurunkan kandungan tersebut. Kandungan phthalides dalam seledri diketahui mampu untuk menurunkan kadar lemak dalam darah. Serat di dalam seledri juga membantu mengikis kolesterol jahat dari aliran darah yang keluar saat buang air besar.

Mencegah Penyakit Hati

Seledri bersifat diuretik yang menambah kecepatan pembentukan urin, sehingga mampu membantu membuang racun di dalam tubuh dan membersihkan liver dan ginjal. Selain itu melancarkan pencernaan dan menjaga saluran kencing sehat.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Kandungan kalsium, magnesium, kalium, dan vitamin K yang cukup tinggi dalam seledri mampu memberikan efek yang baik untuk kesehatan jantung. Kandungan-kandungan tersebut berperan dalam kontraksi pada otot jantung setiap kali berdetak, membuat otot jatung lebih rileks, berperan penting untuk sistem kardiovaskular dan membantu mengurangi cairan ekstra dalam tubuh dan meningkatkan tekanan darah seseorang, dan juga mampu menjaga arteri dan vena yang membawa darah untuk dipompa melalui tubuh agar dapat bekerja secara optimal.

Mencegah dan Mengobati Kanker

Kandungan antioksidan, apigenin dan luteolin flavanoid, serta sifat anti-inflamasi pada seledri mampu mencegah dan melawan sel-sel kanker untuk menyembuhkan penderita kanker usus, pankreas, paru-paru, ataupun payudara.

Menurunkan Tekanan Darah

Selain bermanfaat dalam menurunkan kolesterol, kandungan phthalides pada seledri membantu mengendurkan jaringan dinding arteri, sehingga aliran darah berjalan lancar dan dapat menurunkan tekanan dalam darah.

Siapa sangka sayuran yang mungkin tidak dianggap penting ini ternyata memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Manfaat yang telah ditulis di atas baru sebagian manfaat yang bisa diberikan oleh seledri. Selain dapat mengobati penyakit, ternyata seledri juga bermanfaat bagi kecantikan. Seledri sering digunakan untuk mengatasi ketombe, rambut rontok, dan dapat melembabkan kulit.

Banyaknya manfaat yang bisa kita dapatkan dari seledri tentu tidak boleh disia-siakan begitu saja. Maka dari itu Kaldu AlaNia menciptakan Kaldu Vegetarian (Sayuran) yang terbuat dari Seledri, Bayam, Jamur, dan Merica sebagai bahan utama. Selain manfaat di atas tentu akan mendapatkan manfaat lain dari kandungan bahan-bahan lain, dan tentunya rasa lezat untuk masakan anda.

 

Kaldu AlaNia – Lezatnya Sehat

www.kaldualania.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.