Udara Jakarta Penuh Polusi, Konsumsi Makanan Ini Untuk Menjaga Paru-paru

Udara Jakarta Penuh Polusi, Konsumsi Makanan Ini Untuk Menjaga Paru-paru

Berdasarkan data dari AirVisual, Jakarta menjadi ibu kota dengan polusi udara tertinggi di dunia sejak kemarin (Senin, 29 Juli 2019). Dengan angka mencapai 189 AQI (Air Quality Index), tentu menjadikan udara di Jakarta tidak sehat. AQI merupakan indeks kesehatan udara pada suatu daerah. AQI dihitung berdasarkan enam jenis polutan utama, seperti PM 2,5, PM 10, karbon monoksida, asam belerang, nitrogen dioksida, dan ozon permukaan tanah.

Nilai AQI sendiri berkisar antara 0-500, semakin tinggi nilainya maka semakin tinggi polusi udara pada daerah tersebut. Skor 0-5 berarti kualitas udara bagus, 51-100 berarti moderat, 101-150 tidak sehat bagi orang yang sensitif, 151-200 tidak sehat, 201-203 sangat tidak sehat, dan 301-500 ke atas berarti berbahaya.

Untuk menghindari tingginya polusi udara tersebut kita sebaiknya menggunakan masker saat berktivitas di luar ruangan atau bahkan mengurangi aktivitas di luar ruangan. Selain itu, kita harus menjaga kesehatan paru-paru karena udara tidak sehat yang kita hirup mengakibatkan saluran pernapasan menjadi terganggu. Dengan konsumsi makanan ini bisa membantu menjaga kesehatan paru-paru kita.

Brokoli

Kandungan antioksidan dalam brokoli bisa membuang racun dalam paru-paru. Brokoli juga memiliki kandungan ulforaphane, senyawa anti-karsinogenik (anti kanker). Selain itu, juga ada Vitamin C yang dapat meningkatkan tingkat kekebalan tubuh.

Alpukat

Mengonsumsi buah alpukat bisa mengurangi efek polusi udara yang berujung pada kesehatan paru-paru. Vitamin E di dalamnya juga bisa menangkal efek dari beberapa jenis polusi partikulat. Alpukat juga mengandung asam folat yang cukup tinggi. Zat tersebut berkhasiat untuk melindungi paru-paru dari risiko kanker.

Wortel

Wortel mengandung zat karotenoid yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan paru-paru. Zat tersebut juga sangat ampuh untuk membersihkan paru-paru, meringankan asma, dan juga mengurangi risiko kanker paru-paru.

Bawang Putih

Bawang putih mengandung zat allicin yang bermanfaat untuk mencegah asma, membantu melawan infeksi dan mengurangi peradangan pada paru-paru. Antioksidan pada bawang putih juga mampu untuk menghancurkan radikal bebas yang menempel pada paru-paru.

(baca : Manfaat Bawang Putih)

Kunyit

Bumbu dapur satu ini memang memiliki banyak manfaat. Senyawa curcumin dalam kunyit dapat membantu melindungi paru-paru dari efek racun pada polusi udara. Kunyit juga bisa dicampur dengan ghee (minyak samin) untuk meredakan batuk dan iritasi pada paru-paru akibat polusi.

(baca : Bumbu Alternatif Pengganti MSG)

Bayam

Bayam mengandung beta karoten, zeaxanthin, lutein dan klorofil yang bertanggung jawab meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Magnesium pada bayam juga berperan sebagai pelindung untuk paru-paru dan menghilangkan ketenggangan yang disebabkan oleh kabut asap, juga membantu dalam artikulasi udara di paru-paru.

Meningkatnya polusi udara dari hari ke hari tentu tidak boleh dianggap remeh. Polusi ini bisa mengancam kesehatan tubuh kita. Selain menjaga lingkungan untuk mengurangi polusi, tentu kita juga harus menjaga tubuh dengan konsumsi makanan yang bisa memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh.

Makanan di atas bisa dijadikan sebagai cara kita mencegah dampak buruk pada paru-paru yang diakibatkan polusi udara. Konsumsi makanan sehat tentu akan mengakibatkan tubuh kita tetap terjaga kesehatannya.

 

Informasi tambahan :

Bawang Putih, Kunyit, dan Bayam merupakan bahan-bahan yang digunakan pada Kaldu AlaNia. Sehingga dipastikan Kaldu AlaNia memiliki segudang manfaat bagi tubuh selain melezatkan masakan, karena Kaldu AlaNia menjadikan masakan lezatnya sehat.

 

Kaldu AlaNia – Lezatnya Sehat

www.kaldualania.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.