Hati-hati! Ini Bahaya Konsumsi Daging Sapi dan Kambing Kurban Berlebihan.

Hati-hati! Ini Bahaya Konsumsi Daging Sapi dan Kambing Kurban Berlebihan.

Menyajikan olahan daging sapi atau kambing pada Hari Raya Idul Adha sudah menjadi tradisi di Indonesia. Hampir semua rumah menyajikan berbagai olahan daging untuk disajikan kepada keluarga atau tamu yang bersilaturahmi. Hal ini menjadi godaan yang sulit dihindari bagi sebagian orang memakan daging di momen berkumpul bersama keluarga. Namun perlu dijaga jumlah daging yang dikonsumsi karena bisa berbahaya bagi kesehatan.

Meskipun daging sapi dan kambing mentah segar memiliki kandungan yang baik secara alami bagi tubuh, namun pengolahan daging dengan berbagai cara bisa menimbulkan dampak yang tidak baik jika dikonsumsi secara berlebihan. Apalagi kebanyakan olahan daging untuk Idul Adha adalah dengan dimasak menjadi sate dan gulai, yang dapat meningkatkan resiko penyakit kanker, jantung, stroke, dan gagal ginjal.

Selain membatasi jumlah daging yang dikonsumsi, ada beberapa cara untuk menghindari dampak buruk yang bisa ditimbulkan dari konsumsi daging. Memilih daging dan teknik mengolah yang tepat menjadi solusi bagi kita untuk mendapatkan manfaat dari kandungan dalam daging dan mencegah resiko berbahaya bagi kesehatan.

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah memilih daging dengan lemak yang sedikit, atau membuang saja bagian lemak pada daging. Lemak pada daging dapat meningkatkan jumlah kolesterol dalam tubuh, sehingga lebih baik untuk dipisahkan dari daging.

Untuk menghilangkan zat karsinogenik yang menyebabkan kanker, bumbui daging dengan bawang putih, air jeruk lemon, dan minyak zaitun. Zat karsinogenik juga terdapat pada daging sate yang gosong, maka dari itu sebagiknya membakar sate tidak sampai gosong atau membuang bagian gosong pada daging.

Cara memasak daging yang paling baik adalah dengan cara dipanggang dan direbus. Hindari mengolah daging dengan cara digoreng karena minyak dapat meningkatkan kalori pada daging. Pastikan juga untuk mengimbangi masakan daging dengan sayuran dan buah-buahan untuk menimalisir resiko berbahaya bagi tubuh.

Selain itu, pastikan juga bumbu yang kita gunakan juga tidak memberikan dampak buruk bagi kesehatan. Mengolah daging dengan bahan-bahan mentah kadang membutuhkan waktu lebih banyak, sehingga tidak sedikit orang memilih menggunakan bumbu instan. Namun perlu diperhatikan untuk menghindari penggunaan bumbu dengan bahan seperti pengawet dan MSG yang bisa berbahaya bagi pengidap alergi MSG.

Pilihlah bumbu dengan bahan-bahan sehat alami tanpa pengawet dan tanpa MSG seperti Kaldu AlaNia yang menyedapkan masakan tanpa mengabaikan kesehatan tubuh. Dengan Kaldu AlaNia masakan menjadi #LezatnyaSehat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.