Nugget menjadi makanan yang disukai oleh berbagai kalangan. Tak hanya anak-anak, nugget juga disukai oleh orang dewasa sekalipun. Nugget biasa dinikmati sebagai kudapan atau teman nasi sekalipun.

Nugget memang menjadi makanan yang dipilih banyak orang karena selain rasanya yang lezat, nugget praktis hanya tinggal digoreng saja sudah siap untuk dinikmati. Apalagi banyak pilihan nugget yang dijual di pasaran dengan berbagai merek. Bahkan ada nugget curah yang bisa saja tidak jelas asal usulnya.

Banyaknya pilihan menjadikan kita harus tetap teliti dalam menentukan pilihan. Produk olahan seperti nugget biasanya mengandung pengawet, pewarna, dan juga perasa buatan, atau bahan kimia lainnya, jadi harus diteliti agar kita memilih produk yang baik.

Apalagi anggota keluarga begitu suka dengan nugget dan mengharuskan stok nugget selalu ada di rumah. Jangan sampai nugget yang kita makan ternyata tidak aman untuk dikonsumsi.

Berikut adalah tips memilih nugget terbaik dan aman untuk dikonsumsi :

Perhatikan Bahan Utama

Nugget yang dijual biasanya menggunakan bahan daging ayam. Bagian yang biasa digunakan adalah dada atau paha. Meski paha lebih gurih, namun kandungan nutrisi dada ayam lebih baik daripada paha.

Memperhatikan bahan baku utama ini dilakukan agar kita terhindar dari produsen curang yang menambahkan campuran lain seperti lemak, kulit, atau bagian tubuh lain yang tidak seharusnya. Maka kita harus pastikan nugget yang kita beli berasal dari daging ayam asli.

Pilih Berdasarkan Warna Permukaan Nugget

Nugget biasanya dilapisi oleh tepung panir atau tepung roti di bagian luar. Warna permukaan nugget sebelum digoreng biasanya berwarna putih, kekuningan, atau orange tua, tergantung tepung apa yang digunakan di bagian luar.

Nugget dengan warna putih hingga orange muda lebih disarankan untuk dipilih. Hal ini bertujuan untuk menghindari nugget yang menggunakan pewarna yang berlebihan atau bahkan pewarna tekstil. Maka hindari nugget dengan warna permukaan yang terlalu mencolok.

Teliti Tekstur Nugget

Tekstur nugget akan ditentukan dari kualitas bahan yang digunakan. Pada umumnya bahan daging ayam yang dominan akan menjadikan tekstur nugger menjadi lembut. Hal ini juga menjadikan nugget mudah hancur, tapi kita bisa menikmati rasa gurih dari daging ayam.

Jika kita menemukan nugget dengan tesktur yang kenyal atau kesat di bagian dalam setelah digoreng makan patut dicurigai komposisinya terdapat campuran lain selain daging yang lebih banyak. Lebih buruk lagi bisa saja menggunakan bahan-bahan kimia agar teksturnya kenyal.

Perhatikan Bahan Tambahan

Agar umur simpannya lama, penambahan pengawet akan dilakukan pada nugget. Namun kita harus memperhatikan apakah bahan pengawet yang digunakan termasuk bahan tambahan aman atau tidak.

Selain pengawet, bahan tambahan lain yang biasa digunakan adalah pewarna dan perasa. Pastikan agar semua bahan tersebut termasuk dalam daftar aman yang telah ditentukan.


Itulah tips untuk memilih nugget terbaik dan aman dikonsumsi. Agar bisa memastikan sendiri kualitas nugget yang dikonsumsi bisa saja kita membuatnya di rumah dengan resep yang banyak dibagikan di internet.

Kita juga bisa menggunakan nugget sebagai cara agar anak bisa makan sayuran dengan mencampurkan sayuran ke dalam adonan. Bahkan kita juga bisa membuat nugget sayuran yang cocok untuk makanan vegetarian.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.