Gula dan garam adalah bumbu dasar yang harus selalu ada di setiap dapur. Penggunaannya pasti selalu ada dalam setiap masakan. Namun kini ada bumbu lain yang bisa dikatakan selalu ada juga di dapur. Bumbu tersebut adalah penyedap rasa atau kaldu bubuk.

Saat memasak di rumah, sudah menjadi kebiasaan bagi masyarakat pada umumnya untuk menambahkan penyedap rasa. Selain untuk masakan berkuah seperti sup, kaldu juga biasa digunakan pada berbagai masakan yang ditumis, digoreng, bahkan membuat sambal.

Jika dulu untuk bisa mendapatkan kaldu harus membuat sendiri dengan proses yang lama, kini kita sudah bisa mendapatkan kaldu bubuk instan yang banyak dijual di pasaran. Maka tak heran penggunaan kaldu bubuk menjadi pilihan praktis untuk mendapatkan citarasa makanan yang lezat.

Kaldu bubuk yang dijual di pasaran pada umumnya menawarkan rasa ayam dan rasa sapi. Kedua rasa ini bisa dibilang menjadi rasa wajib karena sudah terbiasa digunakan oleh masyarakat.

Meski begitu, kita harus bisa memilih produk mana yang akan kita gunakan. Jangan sampai pemilihan produk bisa berakibat fatal pada kesehatan keluarga tercinta.

Berikut adalah tips memilih kaldu bubuk terbaik untuk digunakan di rumah :

Perhatikan Bahan Baku

Hal pertama yang perlu diperhatikan untuk memilih kaldu bubuk adalah bahan baku. Kaldu sendiri bisa dibuat dengan bahan hewani dan nabati, namun pada umunya bahan hewan seperti ayam dan sapi lebih sering kita temukan.

Bagi para vegetarian tentu poin pertama ini harus diperhatikan, karena harus memastikan kaldu yang digunakan tidak mengandung unsur hewani. Kaldu yang sering digunakan oleh para vegetarian biasanya adalah kaldu jamur, atau kaldu vegetarian yang terbuat dari beberapa sayuran seperti seledri dan bayam

Selain vegetarian tentu bebas untuk memilih bahan yang digunakan, hanya tinggal menyesuaikan dengan keinginan rasa dari kaldu itu sendiri baik berbahan dasar hewani seperti kaldu ayam, kaldu ayam kampung, atau kaldu sapi, maunpun nabati.

Perhatikan Seluruh Komposisi

Dalam pembuatan kaldu bubuk tentu saja diracik dengan berbagai bahan baku. Selain bahan utama dan juga bumbu lain seperti rempah-rempah, ada produsen yang menambahkan MSG, pengawet, pewarna, dan perasa buatan.

Meskipun memenuhi standar keamanan pangan, namun tentu akan lebih baik jika bisa menghindari penggunaan bahan sintesis di dalamnya. Apalagi penggunaan bahan sintesis tersebut bisa berdampak buruk pada kesehatan di masa depan. Jadi lebih baik memilih kaldu sehat dari bahan alami.

Perhatikan Kaldu Alami atau Buatan

Hal ini sangat penting untuk diperhatikan sebelum memilih kaldu yang akan digunakan. Pastikan untuk memilih penyedap rasa alami dan bukan penyedap rasa buatan.

Kaldu yang dibuat dengan bahan alami tentu saja akan memberikan rasa seperti aslinya. Selain itu kandungan yang berasal dari bahan tersebut juga bisa diserap oleh tubuh. Sedangkan kaldu buatan atau kaldu essence dibuat dengan bahan kimia yang tentu saja bisa menimbulkan efek pada tubuh.


Pemilihan penyedap rasa atau kaldu bubuk memang terkadang disepelekan oleh kebanyakan orang. Selain rasanya yang lezat, tentu kita harus memilih produk yang sehat, dan aman bagi tubuh. Maka dari harus diperhatikan juga komposisi dari produk tersebut.

Note : Anda bisa mendapatkan penyedap rasa atau kaldu bubuk terbaik di SPU Official Store atau melalui distributor seperti SayurBox.


danikustiawan

Content Creator - Learner - Basketball Addict

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.