Memulai untuk menjalankan pola hidup sehat dengan diet tentu harus dipikirkan sejak awal. Banyaknya pilihan program diet saat ini kadang membuat kita bisa kebingungan saat memilihnya karena diet bisa saja berbeda hasilnya meskipun menggunakan metode yang sama.

Banyaknya orang yang ingin menjalankan pola hidup sehat ini juga mengakibatkan munculnya berbagai program diet baru. Mulai dari diet yang wajar hingga diet ekstrim dan saling mengklaim keunggulannya, terutama menurunkan berat badan.

Meski mampu memberikan hasil yang memuaskan, kita harus pelajari terlebih dahulu dampaknya pada kesehatan dalam jangka panjang. Agar hasil yang kita dapat sesuai keinginan dan aman untuk kesehatan, sebaiknya menggunakan metode diet yang sudah terbukti efektif secara ilmiah.

Berikut adalah 5 diet yang telah terbukti efektif secara ilmiah :

1. Diet Paleo

Bagi orang awam tentu diet paleo terasa asing karena jarang didengar. Namun ternyata diet paleo ini terbukti ilmiah mampu menurunkan berat badan secara efektif. Diet ini terinspirasi dari pola makan manusia gua pada zaman prasejarah, tepatnya masa paleolitikum.

Pada diet paleo ini kita harus fokus untuk menghindari makanan olahan, gula rafinasi, pemanis buatan, produk susu, biji-bijian, kacang polong, dan kacang tanah. Sedangkan makanan yang dianjurkan dalam diet ini adalah sayuran, buah, daging rendah lemak, ikan kaya omega 3 seperti salmon , makarel, dan tuna, serta minyak yang berasal dari biji-bijian atau kacang-kacangan seperti minyak zaitun dan minyak walnut.

Uji klinis yang dilakukan pada diet paleo ini terbukti menurunkan resiko penyakit kardiovaskular dan diabetes tipe 2. Uji klinis lainnya juga menyatakan diet paleo membantu dalam menurunkan berat badan, mengurangi jerawat, serta meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, dan kinerja atletik tubuh.

2. Diet Rendah Karbohidrat

Fokus utama dalam diet ini tentu saja jumlah karbohidrat yang dikonsumsi. Namun bukan berarti kita tidak boleh mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, tetapi mengurangi jumlah asupan karbohidrat pada tubuh.

Asupan karbohidrat per hari dibatasi menjadi sekitar 150-200 gram. Diet ini terbukti mampu menurunkan berat badan, mengoptimalkan kesehatan, dan menurunkan resiko berbagai penyakit.

Makanan yang dianjurkan dalam diet rendah karbohidrat adalah makanan yang mengandung banyak serat, sayuran, daging, ikan, buah-buahan, kacang-kacangan, dan lemak sehat. Sedangkan makanan yang harus dikurangi atau dihindari adalah makanan tinggi pati (tepung-tepungan), gula, dan makanan olahan.

3. Diet Bebas Gluten

Diet bebas gluten atau gluten-free diciptakan oleh Willem-Kerel Dicke untuk pasien dengan penyakit celiac. Penyakit celiac ini merupakan penyakit autoimun yang mengakibatkan sistem kekebalan tubuh bereaksi setelah mengonsumsi gluten pada gandum, barley, atau rye dan merusak lapisan usus halus sehingga menghambat penyerapan nutrisi.

Meski terbukti sukses dan efektif secara ilmiah, namun perlu diperhatikan bahwa diet ini khusus untuk orang yang intoleran terhadap gluten. Melakukan diet bebas gluten pada kondisi normal bisa berakibat fatal pada kesehatan. Kekurangan zat gizi atau malnutrisi, dan bahkan beresiko mengalami penyakit kardiovaskular.

4. Diet Mediterania

Diet Mediterania adalah diet yang meniru pola makan penduduk dari kawasan Mediterania. Beberapa penelitian telah membuktikan pola makan ala penduduk Mediterania ini berdampak baik pada kesehatan tubuh. U.S. News & World Report sendiri pernah menobatkan diet Mediterania sebagai diet terbaik.

Makanan yang dianjurkan dalam diet ini adalah sayuran, buah, kacang, biji-bijian, dan lemak sehat. Selain itu sumber protein hewani seperti ayam tanpa kulit, ikan, dan daging merah juga bisa dikonsumsi. Namun daging merah sebaiknya dikonsumsi terbatas dan sangat jarang.

5. Diet Vegan

Diet ini tentu sudah banyak diketahui oleh banyak orang, dan bisa dikatakan sebagai diet yang paling populer. Fokus pada diet vegan adalah hanya mengonsumsi nabati saja. Berbeda dengan diet vegetarian yang masing bisa mengonsumsi produk hewani seperti susu, dan telur.

Meski awalnya diet vegan ini sebagai cara hidup yang berupaya untuk menghentikan segala bentuk eksploitasi dan kekejaman terhadap hewan, namun diet ini terbukti menurunkan berat badan dengan efektif. Penelitian lain juga menyatakan diet vegan mampu menurunkan resiko diabetes, hipertensi, kolesterol tinggi, dan penyakit jantung.


Meskipun 5 diet di atas sudah terbukti secara ilmiah mampu menurunkan berat badan secara efektif dan baik untuk kesehatan, namun harus disertai dengan aktivitas tubuh seperti olahraga. Konsultasi dengan dokter juga lebih baik dilakukan agar tidak salah dalam penerapannya dan bisa mendapatkan hasil yang maksimal sesuai dengan keinginan.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.