Bosan Makan Daging? Ini Makanan Pengganti Protein Daging

Bosan Makan Daging? Ini Makanan Pengganti Protein Daging

Beberapa waktu lalu pada Hari Raya Idul Adha tentu kita disuguhi banyak olahan dari daging sapi atau kambing. Selain di rumah sendiri, berkunjung ke rumah saudara untuk bersilaturahmi juga disajikan olahan daging. Mengonsumsi olahan daging dalam waktu beberapa hari tentu akan membuat kita bosan, namun terkadang bingung karena kita juga tidak mau kehilangan nutrisi seperti yang dikandung oleh daging. Tidak perlu khawatir, ini makanan pengganti protein pada daging.

Jumlah konsumsi daging tentu perlu diperhatikan, karena jika terlalu banyak mengonsumsi daging yang lezat dan memiliki nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh juga bisa berbahaya. Konsumsi daging berlebihan dapat menimbulkan berbagai kondisi mulai dari efek mengantuk akibat proses pencernaan protein yang lama, sampai dengan penyakit berbahaya seperti gangguan jantung dan resiko kanker.

Mengingat hal tersebut, mencari alternatif pengganti protein daging tentu hal yang perlu diperhatikan untuk menghindari jumlah konsumsi daging yang berlebihan. Hal ini juga penting bagi para vegetarian, atau orang yang sedang bosan dengan menu daging. Kita harus tetap memastikan protein yang dibutuhkan oleh tubuh dapat terpenuhi.

Berikut adalah beberapa makanan yang mampu memberikan protein sebagai alternatif daging.

Kedelai

Kacang kedelai adalah jenis kacang yang memiliki protein yang paling lengkap. Jumlah kandungan protein dalam 100 gram kedelai adalah 81 gram. Kandungan tersebut lebih tinggi daripada 100 gram daging sapi yang hanya mengandung 26 gram protein. Olahan kedelai seperti tahu, tempe, susu kedelai sendiri memiliki kandungan protein di dalamnya. Namun jumlah protein dalam olahan kedelai bervariasi dan tidak setinggi kedelai itu sendiri.

Telur

Telur adalah bahan yang mudah didapatkan. Selain itu juga telur bisa diolah dengan berbagai macam cara atau dikombinasikan dengan bahan lain. Dengan konsumsi sebutir telur, kita bisa mendapatkan 6 gram protein.

Selai Kacang

Selai kacang biasa dijadikan isian roti untuk sarapan di pagi hari. Dengan empat sendok makan selai kacang, kita akan mendapatkan 32 gram protein. Selain protein, selai kacang juga mengandung vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi tubuh.

Kacang Almond

Pada dasarnya, jenis kacang-kacangan memang memiliki kandungan protein yang cukup tinggi. Kacang almond sendiri dapat memberikan 21,26 gram protein dalam setiap 100 gram. Selain itu, kacang almond juga bisa dijadikan menu diet yang ampuh menurunkan berat badan.

Jamur

Jamur pada umumnya mengandung sekitar 2,9 gram protein dalam 100 gram. Salah satu jamur yang paling sering kita jumpai adalah jamur tiram putih. Meskipun harganya tergolong murah, namun kandungan dalam jamur tiram tak kalah dari daging sekalipun. Dalam 100 gram jamur tiram putih, kita akan mendapatkan 3,34 gram protein. Selain kandungan protein, jamur tiram juga memiliki nutrisi dan berbagai macam manfaat yang baik bagi tubuh. (baca : Jamur Tiram, Sayuran Murah Banyak Manfaat)

Berdasarkan penelitian Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), jamur tiram adalah sumber protein baik untuk pengganti daging atau sebagai Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MPASI).

Berbagai alternatif protein daging di atas bisa dijadikan pilihan untuk dikonsumsi sehari-hari. Selain bahan di atas, sebenarnya masih banyak alternatif protein daging yang bisa digunakan. Kita hanya tinggal pintar memilih saja apa yang dibutuhkan tubuh kita untuk dikonsumsi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.