Kaldu biasa dibuat dari berbagai bahan, di antaranya adalah daging dan tulang sapi. Citarasanya yang gurih bisa membuat masakan menjadi lebih lezat. Namun saat membuat sendiri kaldu sapi di rumah terkadang rasa yang dihasilkan terasa kurang sedap dan bahkan aneh.

Rasa kaldu sapi yang kurang sedap tentu akan berpengaruh pada rasa masakan yang kita buat. Apalagi makanan tersebut disajikan untuk disantap bersama keluarga. Untuk bisa membuat kaldu sapi yang sedap di rumah, hindari kesalahan-kesalahan yang bisa membuat rasa kaldu sapi menjadi hambar dan tidak sedap.

Berikut adalah tips membuat kaldu sapi yang sedap di rumah :

Gunakan Panci yang Cukup Besar

Menggunakan panci yang terlalu kecil hanya akan menampung sedikit air. Hal ini bisa mengakibatkan sari dari tulang atau daging tidak keluar dengan sempurna. Selain itu juga akan mengakibatkan rasa menjadi tidak sedap.

Buat Kaldu dari Tulang Untuk Rasa Lebih Gurih dan Kental

Kaldu yang dibuat menggunakan tulang akan memberikan rasa yang gurih dan kuah kental karena mengandung sumsum. Sedangkan kaldu yang dibuat menggunakan daging akan memberikan rasa yang lebih ringan dan kuah yang lebih jernih. Namun rasa kaldu yang dibuat tentu disesuaikan dengan selera sendiri.

Bersihkan Tulang dari Kotoran

Tulang yang masih kotor tentu akan menyebabkan rasa yang dihasilkan tidak seperti seharusnya. Jadi kita harus memastikan tulang yang digunakan sudah bersih dari noda agar rasa yang dihasilkan menjadi sedap.

Gunakan Tulang Dengkul dan Iga

Menggunakan tulang bagian mana saja sebenarnya sudah bisa membuat kaldu sapi. Namun untuk mendapatkan hasil yang maksimal gunakanlah tulang yang mengandung banyak sumsum. Tulang dengkul dan iga sendiri mengandung banyak sumsum sehingga bisa menghasilkan kaldu sapi yang sedap.

Bumbui Secukupnya

Untuk menghasilkan kaldu sapi yang lezat kita bisa menambahkan bumbu seperti gula, garam, bawang putih, lada, atau bahan lainnya. Terkadang orang-orang menambahkan bahan lain untuk direbus bersama tulang atau daging agar rasanya lezat, namun jangan menambahkan terlalu banyak bahan lain karena rasa yang dihasilkan justru menjadi tidak seimbang.

Rebus Lama Hingga Mendidih

Sari dari tulang atau daging tentu tidak akan keluar jika direbus dalam waktu yang singkat. Perlu kesabaran untuk bisa menghasilkan citarasa kaldu sapi yang gurih dan sedap. Rebus daging atau tulang selama beberapa jam agar sari-sarinya keluar sempurna dan menghasilkan rasa kaldu sapi yang sedap.


Itulah tips untuk membuat kaldu sapi yang lezat dan sedap di rumah. Citarasa yang dihasilkan dari daging dan tulang memang begitu kuat. Namun selain menggunakan kaldu rebusan daging dan tulang untuk membuat masakan menjadi lebih lezat, kita juga bisa menggunakan kaldu sapi bubuk yang lebih mudah digunakan.

AlaNia Kaldu Sapi Non MSG bisa menjadi pilihan untuk melezatkan setiap masakan. Dibuat dengan bahan ekstrak sapi, dan juga rempah-rempah pilihan menjadikan masakan lebih lezat. Citarasa dan aroma AlaNia Kaldu Sapi Non MSG tidak kalah dengan kaldu rebusan daging dan tulang sapi. Apalagi praktis tidak perlu ribet membuat kaldu berjam-jam. Masak enak dengan mudah dan tidak ribet? Gunakan Kaldu AlaNia, #MasakApaSajaBisa.


danikustiawan

Content Creator - Learner - Basketball Addict

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.