Rasa umami adalah rasa gurih lezat yang berasal dari makanan yang kita santap. Namun sebagian orang menganggap rasa umami ini hanya bisa didapatkan dengan menambahkan MSG pada masakan. Padahal kita bisa menikmati rasa umami dari bahan-bahan alami tanpa MSG buatan.

Meskipun menambahkan MSG pada masakan memang menjadikannya lezat dan gurih, namun kita tidak boleh berlebihan menggunakannya. Apalagi beberapa orang memiliki alergi MSG yang bisa berakibat fatal pada kesehatan.

Untuk bisa menikmati rasa umami pada masakan tanpa khawatir dampak buruk pada kesehatan, gunakan bahan-bahan berikut pada masakan :

1. Keju Parmesan

Keju adalah bahan yang sering digunakan pada masakan Eropa. Umur keju akan berpengaruh pada rasa umami yang dihasilkan. Keju parmesan sendiri memerlukan masa pematangan 24-30 bulan dan diakui sebagai keju yang paling gurih daripada keju lainnya.

2. Rumput Laut

Rumput laut memang sudah dikenal sebagai bahan yang memberikan rasa gurih pada masakan. Olahan rumput laut yang sering digunakan untuk menambah rasa umami adalah kombu dan nori. Bahkan awal penbuatan MSG sendiri diambil dari bahan rumput laut oleh Profesor Ikeda.

3. Tomat

Tomat lebih dikenal sebagai penambah rasa asam yang segar pada masakan dan menjadi bahan pembuatan saus. Namun siapa sangka tomat ternyata bisa memberikan rasa yang gurih lezat pada masakan. Dengan menambahkan tomat merah pada masakan, kita sudah bisa menambahkan rasa umami yang gurih dan lezat.

4. Bawang Merah dan Bawang Putih

Kedua bahan ini bisa dikatakan bahan wajib pada masakan Indonesia. Berbagai hidangan baik kering atau berkuah pasti menggunakan bawang merah dan bawang putih. Bahkan untuk hidangan pendamping seperti sambal juga menggunakan kedua bahan ini.

(baca : Tak Sejahat di Sinetron, Ternyata Bawang Merah Banyak Manfaatnya)

Menggunakan bawang merah dan bawang putih pada masakan memberikan rasa umami yang khas. Selain itu aroma yang dihasilkan kedua bahan ini bisa membangkitkan selera untuk menyantap makanannya.

(baca : Ini Manfaat Bawang Putih, Dari Obat Jerawat Sampai Kolesterol)

5. Seafood

Bisa dikatakan hampir semua makanan laut memiliki citarasa umami. Namun terdapat beberapa bahan yang memiliki rasa umami yang lebih menonjol seperti udang, tuna, salmon, dan ikan cod. Bahan-bahan ini memiliki rasa gurih khas masing-masing seperti udang yang difermentasi sebagai bahan pembuatan terasi dengan rasa yang sangat gurih.

Selain bahan di atas, makanan laut lain yang memiliki rasa umami kuat adalah kerang dan tiram. Kita tentu sudah tidak asing dengan saus tiram dengan rasa gurihnya. Bahkan air rebusan dari kerang dan tiram juga akan terasa gurih dan lezat.

6. Daging Sapi dan Ayam

Daging sapi dan ayam sudah memiliki citarasa umami tanpa diberi tambahan bumbu lainnya. Air rebusan kedua daging ini akan memiliki citarasa gurih umami yang bisa dijadikan sebagai tambahan pada saat memasak. Apalagi daging ayam kampung yang dikenal memiliki rasa gurih yang lebih kuat. Rasa umami yang dimiliki kedua daging ini menjadikannya bahan pembuatan kaldu instan yang paling banyak digunakan.

Namun pada kenyataannya tetap ada pabrikan yang menambahkan MSG untuk meningkatkan rasa umami pada produk kaldunya. Jadi kita harus bisa memilih sendiri produk kaldu bubuk apa yang cocok untuk digunakan. Namun jika ingin kaldu sehat alami tanpa tambahan MSG, bisa menggunakan Kaldu AlaNia yang menjadikan setiap masakan #LezatnyaSehat.

7. Jamur

Rasa umami dalam jamur sudah tidak diragukan lagi. Bahan makanan yang menjadi andalan para vegetarian ini memang disebut memiliki rasa umami yang mirip dengan daging. Hal ini juga yang menjadikannya sebagai bahan pembuatan kaldu jamur instan selain daging sapi dan ayam.

(baca : Jamur Tiram, Sayuran Murah Banyak Manfaat)


Itulah bahan-bahan yang bisa digunakan untuk memberikan citarasa umami pada masakan. Bahan alami tentu akan lebih menjamin pada kesehatan kita daripada bahan sintesis. Namun jika tak ingin direpotkan mengolah bahan-bahan tadi, kita juga bisa menggunakan kaldu sehat instan yang bisa menjadikan makanan kita lezatnya sehat seperti Kaldu AlaNia.


danikustiawan

Content Creator - Learner - Basketball Addict

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.