Dunia olahraga dikejutkan dengan kecelakaan helikopter yang menewaskan pebasket Kobe Bryant bersama anaknya Gianna dan 7 korban lainnya pada 26 Januari 2020 lalu. Bukan hanya memberikan inspirasi berkat prestasinya di dunia basket, etos kerja Kobe menjadi panutan bagi banyak orang. Bahkan pola hidupnya bisa menjadi acuan untuk hidup sehat.

Mantan pemain LA Lakers tersebut menjadi inspirasi banyak orang dengan prinsip “Mamba Mentality”-nya. Bukan hanya di dalam lapangan, Mamba Mentality bahkan menjadi pedoman untuk menjalani kehidupan di luar lapangan.

Prinsip yang menuntun kita untuk mencapai versi terbaik dari diri sendiri tersebut bahkan mampu mempengaruhi kalangan di luar pecinta basket. Pola hidup pemain dengan julukan Black Mamba tersebut bahkan dilakukan setelah pensiun sebagai pebasket profesional.

Berikut adalah pola hidup sehat ala Kobe Bryant yang Kaldu AlaNia rangkum dari hellosehat.

Mengonsumsi Daging Ternak Pemakan Rumput

Ada beberapa anggapan ketika melakukan diet tidak boleh mengonsumsi daging sapi. Padahal daging sapi masih bisa dikonsumsi dengan batasan-batasan tertentu. Hal ini juga dilakukan Kobe yang memilih mengonsumsi daging ternak pemakan rumput.

Daging sapi pemakan rumput ini lebih rendah lemak dan mengandung omega 3 dan 6 yang tinggi. Selain itu juga daging ini mengandung Conjugated Linoleic Acid (CLA) yang mampu membantu meningkatkan metabolisme tubuh untuk membakar kalori.

(baca :Hati-hati! Ini Bahaya Konsumsi Daging Sapi dan Kambing Kurban Berlebihan.)

Konsumsi Buah Maksimal Satu Porsiper Hari

Buah memang mengandung gula alami, namun jika dikonsumsi berlebihan bisa menimbulkan masalah pada kesehatan. Anjuran WHO dalam mengonsumsi buah dalam satu hari adalah 150 gram. Angka ini setara dengan satu buah apel merah kecil, satu buah jeruk medan sedang, atau satu potong melon.

(baca : Sarapan Olahan Buah, Pilihan Sarapan Terbaik Untuk Mengawali Hari)

Makan Lemak Baik

Lemak diasumsikan dengan predikat negatif oleh orang awam pada umumnya, padahal terdapat jenis lemak yang baik untuk kesehatan tubuh. Lemak baik ini bisa didapatkan dengan mengonsumsi sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, dan beberapa jenis ikan seperti salmon.

Lemak baik sendiri memiliki banyak manfaat bagi tubuh seperti mengurangi resiko penyakit jantung dan kanker, membantu mengendalikan gula darah, mengurangi resiko diabetes, dan menurunkan tekanan darah. Sehingga tak heran lemak baik menjadi pilihan tepat saat menjalani diet.

Hindari Ngemil

Sering ngemil mengakibatkan tubuh berhenti melakukan pembakaran lemak dalam tubuh menjadi energi. Enzim pembakar lemak tersebut akan terganggu jika sering ngemil apalagi dalam jumlah besar.

Hindarilah memakan cemilan dan usahakan untuk memberi jarak antar waktu makan. Hal ini bertujuan untuk membiarkan enzim pembakar lemak bekerja dengan baik dan menghasilkan energi bagi tubuh.

Konsumsi Sayuran Tidak Berpati

Sayuran tidak berpati dipilih Kobe karena mengandung karbohidrat rendah, cukup kalori, dan tinggi nutrisi. Makanan jenis ini memang cocok untuk diet mengurangi kalori. Bahkan ada yang berpendapat buah atau sayur tidak berpati bisa dimakan sepuasnya dan tidak berbahaya bagi tubuh.

Minum Kombucha

Kombucha merupakan minuman teh fermentasi, atau sering juga disebut jamur teh. Kombucha difermentasi dari larutan teh dengan gula yang kemudian ditambahkan starter mikroba, yaitu bakteri Acetobacter xylinum dan beberapa ragi, Saccharomyces cerevisiae, Zygosaccharomyces bailii, dan  Candida sp. Akibat proses fermentasi yang terjadi, kombucha mengandung berbagai zat seperti asam asetat, folat, asam amino esensial, vitamin B, vitamin C, dan alkohol.

Kombucha dipercaya memiliki banyak manfaat seperti memperlancar pencernaan, membantu tubuh mengeluarkan racun, dan mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Namun jumlah konsumsi kombucha harus dibatasi untuk menghindari efek negatif yang bisa ditimbulkan. Selain itu juga perlu diperhatikan kualitas dari kombucha tersebut sebelum mengonsumsinya.

Sosok seperti Kobe Bryant tidak akan pernah bisa tergantikan. Namun kita bisa mengenangnya dengan menerapkan prinsip Mamba Mentality untuk mencapai versi terbaik dari diri kita sendiri, termasuk dalam menjalani hidup sehat seperti Kobe. Mamba Out!


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.