Kebugaran tubuh selalu penting dalam melawan segala penyakit yang bisa menyerang kapan saja. Untuk menjaga tubuh untuk agar tetap bugar bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satu cara baik dalam menjaga kebugaran tubuh adalah dengan mengonsumsi menu diet sehat.

Menu diet sehat ini merupakan makanan bergizi seimbang dengan kadar yang disesuaikan dengan kebutuhan tubuh. Menu diet sehat sendiri bukan hanya untuk orang yang berniat menguruskan badan, namun bisa juga dilakukan siapa saja untuk hidup sehat.

Tubuh manusia sendiri memerlukan banyak nutrisi agar tetap sehat, dan salah satunya adalah nutrisi esensial yang tidak bisa diproduksi sendiri di dalam tubuh. Maka dari itu kita harus mengonsumsi makanan yang bisa memberikan nutrisi esensial bagi tubuh.

Beberapa zat penting yang wajib ada dalam menu diet sehat adalah kabrohidrat, protein, lemak, serta berbagai vitamin dan mineral. Namun jangan mengabaikan air putih untuk menunjang kinerjanya.

(baca : Pola Hidup Sehat ala Mahatma Ghandi)

Selain nilai gizi, jangan lupa untuk memperhatikan jumlah kebutuhan kalori setiap hari. Setiap orang memiliki kebutuhan kalori berbeda yang disesuaikan dengan kondisi tubuh, mencakup usia, jenis kelamin, aktivitas fisik harian, metabolisme, tinggi dan berat badan, serta kondisi kesehatan tertentu.

Berikut adalah contoh menu diet sehat dengan kebutuhan 2000 kalori yang dirangkum dari alodokter :

Sarapan

Menu sarapan yang bisa dikonsumsi dalam menu diet sehat adalah semangkuk sereal dengan taburan kismis, dan susu bebar lemak. Setelah itu kita mengonsumsi satu buah pisang dengan ukuran kecil dan satu lembar roti dari biji-bijian utuh dengan olesan margarin.

Makan Siang

Roti isi bisa menjadi santapan di saat makan siang. Roti dari biji-bijian utuh yang diisi dengan ayam, selada, tumis jamur, dan saur mustard bisa kita nikmati bersama 200gr kentang rebus.

Makan Malam

Satu mangkuk nasi merah, capcay tahu dengan sayuran dan paprika, ditambah 250ml es teh lemon bisa menjadi pilihan penutup menu diet sehat kita.

Camilan

Kita bisa juga mengonsumsi camilan dengan pilihan seperti 250gr yoghurt rendah lemak yang dicampur dengan buah-buahan.

(baca : Inspirasi Pola Hidup Sehat ala Kobe Bryant)

Menu diatas bisa kita ganti agar tidak merasa bosan. Namun perlu diperhatikan jumlah kalori yang dikonsumsi agar sesuai dengan kebutuhan tubuh. Selain mengonsumsi menu diet sehat, jangan lupa untuk tetap berolahraga teratur setidaknya 30 menit setiap hari untuk mendapatkan manfaat yang maksimal dalam menjalani pola hidup sehat.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.