Jamur enoki adalah salah satu jenis jamu yang sering digunakan pada masakan Asia Timur seperti masakan Jepang, Korea, dan China. Di Indonesia sendiri jamur enoki banyak dikonsumsi karena citarasa lezatnya, namun di Amerika Serikat telah terjadi wabah infeksi listeria yang diakibatkan jamur enoki.

Wabah yang terjadi pada periode Maret hingga April 2020 ini memakan korban 36 orang warga setelah mengonsumsi jamur enoki. Infeksi listeria sendiri diakibatkan oleh adanya bakteri Listeria Monocytogenes pada jamur enoki, atau pada makanan lain seperti daging yang tidak dimasak dengan benar, juga pada susu yang tidak di-pasteurisasi.

Wabah infeksi yang terjadi di Amerika sendiri diakibatkan oleh jamur enoki yang diproduksi oleh perusahaan Sun Hong Foods, Inc., Guan’s Mushroom Co., dan H&C Foods Inc. yang diimport oleh Green Co. LTD berasal dari Korea Selatan. Enoki yang terkontaminasi bakteri listeria ditarik dari pasaran Amerika.

Sejatinya orang dengan tubuh sehat sangat jarang untuk mengalami gejala setelah terinfeksi listeria, namun pada orang dengan daya tahan yang rentan atau bahkan lemah seperti bayi, janin dalam kandungan, dan lansia bisa berdampak fatal.

Setelah terinfeksi listeria, akan timbul gejala seperti demam, nyeri otot dan sendi, pusing, dan juga diare. Gejala tersebut bisa timbul setelah beberapa hari atau hingga 30 hari setelah mengonsumsi makanan yang terkontaminasi bakteri listeria.

Jamur enoki yang beredar di Indonesia sendiri diimport melalui Green Co. Ltd., Otoritas Kompeten Keamanan Pangan Pusat (OKKPP) telah melakukan uji laboratorium dan mendapatkan hasil bahwa jamur tersebut terkontaminasi bakteri listeria. Produk tersebut akhirnya ditarik dari pasaran dan harus dimusnahkan.

Kementrian Pertanian saat ini memperketat pengawasan pada jamur enoki yang masuk ke Indonesia. Meskipun bakteri listeria bisa mati saat dimasak pada suhu di atas 75 derajat celcius, namun masyarakat sendiri dihimbau untuk tetap waspada jika ada penjual nakal yang tetap menjual produk dari Green Co.

Jika masih ingin mengonsumsi jamur enoki, sebaiknya menggunakan produk lain yang tidak terkontaminasi, dan pastikan untuk memasak dengan benar agar bakteri mati. Berhati-hati dalam memilih produk ini tentu akan menjadikan kita bisa menikmati citarasa kaldu jamur yang khas pada masakan yang kita buat seperti Jamur Enoki Pedas ala Korea.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.