Beberapa hari lalu dunia entertaiment dikejutkan dengan kabar Vidi Aldiano, penyanyi Indonesia yang mengidap kanker ginjal stadium 3. Dikarenakan sudah masuk stadium 3, maka diharuskan menjalani pengangkatan dengan operasi. Seperti apakah kanker ginjal yang diderita Vidi? Seperti apa cara untuk menjaga kesehatan ginjal?

Sama seperti kanker lainnya, gejala awal kanker ginjal memang sulit untuk dikenali karena memiliki tanda-tanda yang tidak jelas. Gejala yang bisa diketahui adalah sakit pada pinggang dan kencing berdarah. Namun jika sudah terjadi gejala ini, maka kanker biasanya sudah menginjak stadium lanjut.

Fungsi utama ginjal adalah menyaring kotoran dalam darah dan membuangnya dalam bentuk urine. Meskipun belum diketahui secara pasti apa penyebab kanker ginjal, namun beberapa faktor seperti merokok, obesistas, terpapar bahan kimia, genetik (riwayat keluarga dengan kanker ginjal), dan juga jenis kelamin laki-laki yang memiliki resiko dua kali lebih besar dari perempuan bisa menambah resiko terjadinya penyakit tersebut.

Selain menghindari faktor di atas, untuk bisa menjaga kesehatan ginjal agar terhindar dari penyakit kanker ginjal bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan yang baik untuk kesehatan ginjal. Berikut adalah 5 makanan yang baik untuk kesehatan ginjal.

Ikan Tinggi Asam Lemak Omega-3

Asam lemak omega-3 tidak diproduksi dalam tubuh. Namun manfaat dari asam lemak omega-3 ini begitu banyak untuk kesehatan tubuh. Asam lemak ini penting untuk melancarkan aliran darah, mencegah penggumpalan darah dan membangun sel otak. Selain itu juga bisa mencegah pertumbuhan sel kanker, penyakit autoimum dan gangguan ginjal. Tekanan darah tinggi memberi risiko tinggi pada gangguan ginjal.

Untuk bisa mendapatkan manfaat dari asam lemak omega-3, maka kita harus mengonsumsi ikan salmon atau ikan laut dalam seperti makarel, sarden, dan juga tuna.

Nanas

Siapa sangka buah nanas baik untuk kesehatan ginjal. Buah tropis rendah potasium ini bisa dikonsumsi bagi mereka yang bermasalah dengan ginjal. Nanas kaya akan serat, vitamin B, mangan, dan bromelain yang membantu mengurangi peradangan.

Apel

Apel merupakan buah superfood yang dianjurkan untuk dikonsumsi satu buah setiap hari. Buah yang manis renyah ini mengandung pectin, serat larut air yang dapat menurunkan kolesterol dan gula darah. Kulit apel juga sangat kaya akan antioksidan termasuk quercetin yang bisa melindungi sel otak. Apel juga mengandung vitamin C dan sangat mendukung kerja ginjal.

Bawang Putih

Bumbu dapur satu ini memang memiliki manfaat yang banyak untuk kesehatan tubuh. Sama seperti apel, bawang putih juga mengandung mengandung quercetin yang membantu mencegah kerusakan terhadap ginjal bagi perokok. Quercetin dan lemak dalam bawang putih juga membantu fungsi ginjal dalam menyaring darah dari kotoran.

Bayam

Sayuran yang menjadi sumber kekuatan Popeye Si Pelaut ini kaya akan kandungan vitamin A, C, K dan folat. Beta karoten yang ada pada bayam juga sangat baik untuk memperkuat daya tahan tubuh dan kesehatan mata. Antioksidan dalam bayam juga baik untuk kesehatan ginjal.

Menjaga pola hidup agar tetap sehat harus kita senantiasa lakukan setiap hati. Menjaga kesehatan diri kita sendiri sudah sewajibnya kita lakukan. Dengan mengonsumsi 5 makanan yang baik untuk kesehatan ginjal seperti di atas adalah salah satu cara kita untuk bisa menjaga kesehatan.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.