Kunyit, Pewarna Alami Banyak Nutrisi

Kunyit, Pewarna Alami Banyak Nutrisi

Kunyit sudah dikenal sebagai pewarna makanan alami. Banyak masakan Indonesia yang menggunakan kunyit sebagai salah satu bahannya. Meskipun penggunaan kunyit banyak, namun kandungan nutrisi dan manfaat kunyit justru masih sedikit diketahui orang.

Selain digunakan di Indonesia, kunyit juga digunakan oleh negara-negara lain di Asia. Penggunaan kunyit sendiri selain sebagai bumbu dan pewarna masakan, bisa juga dijadikan bahan obat baik tradisional ataupun modern. Kandungan dalam kunyit memang dipercaya memiliki khasiat yang banyak untuk kesehatan tubuh.

Infografis-Kunyit-Kaldu-AlaNia
Infografis Kunyit – Kaldu AlaNia

Pemikiran tersebut memang benar karena kunyit terbukti secara ilmiah mengandung zat-zat yang berguna untuk tubuh. Kandungan gizi tersebut memiliki manfaat kesehatan sebagai berikut :

Mencegah Penyakit Kanker

Berdasarkan penelitian dari Cancer Research UK, kandungan kurkumin dalam kunyit memiliki efek antikanker yang optimal untuk mencegah kanker payudara, kanker usus, kanker lambung, dan kanker kulit. Bahkan penenlitian Clinical Cancer Research membuktikan dengan tambahan satu sendok makan kunyit per hari, kita bisa mencegah terserang kanker secara alami dan efektif.

Mengobati Mag

Penelitian dalam jurnal Systematic Reviews menyatakan kunyit membantu mengurangi frekuensi kambuhnya gejala mag. Kandungan kurkumin dalam kunyit juga bekerja mengendalikan produksi asam lambung dan empedu berlebih. Kurkumin juga mampu mengobati peradangan akibat luka dan melindungi perut dari iritan-iritan tersebut dengan meningkatkan produksi lendir dinding lambung. Hal ini dibuktikan melalui penelitian dalam jurnal Pharmacognosy Reviews.

Mengandalikan Gula Darah

Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa pengobatan alami dengan kunyit adalah yang terbaik untuk menurunkan gula darah dan mengembalikan resistensi insulin ke keadaan normal. Selain itu suplemen ekstrak kunyit membantu meningkatkan fungsi insulin, menstabilkan kadar gula darah, dan membuat gejala diabetes lebih mudah ditangani.

Antidepresan

Penelitian yang dilakukan oleh Phytotherapy kepada 60 relawan yang mengidap gangguan depresi mayor (MDD) untuk menggunakan pengobatan kukurmin, obat fluoxetine, dan kombinasi keduanya, membuktikan kunyit sebagai terapi yang efektif dan aman untuk pengobatan pada pasien dengan depresi ringan.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Senyawa kurkumin dalam kunyit memiliki manfaat yang sangat banyak untuk kesehatan tubuh. Kurkumin ini juga merupakan zat antioksidan yang mampu mencegah radikal bebas yang mengganggu sistem DNA. Sistem DNA yang kuat berkontribusi pada meningkatnya imunitas atau sistem kekebalan tubuh.

Manfaat yang bisa kita dapatkan dari kunyit tentu tidak boleh disia-siakan begitu saja. Kegunaan kunyit sebagai bumbu masakan pengganti MSG dan pewarna alami harus dimaksimalkan mengingat manfaat yang bisa diberikan kunyit begitu luar biasa. Kesehatan tubuh kita begitu berharga untuk dijaga, jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan.

Manfaat kunyit bisa anda dapatkan dari produk kaldu sehat non MSG Kaldu AlaNia. Selain untuk melezatkan masakan, Kaldu AlaNia juga tidak mengabaikan pentingya kesehatan. Apalagi Kaldu AlaNia terbukti aman bagi semua orang dan semua umur karena Kaldu AlaNia juga bisa dijadikan sebagai penyedap untuk Makanan Pendamping ASI (MPASI).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.