Sudah menjadi rahasia umum bahwa penggunaan MSG atau micin memang membuat masakan menjadi lebih gurih dan lezat. Namun anggapan MSG tidak baik untuk kesehatan masih begitu melekat di pikiran masyarakat pada umumnya. Menggunakan micin dianggap menjadi penyebab berbagai penyakit mematikan seperti kanker dan kerusakan otak.

Untuk bisa menikmati masakan yang gurih dan lezat sendiri sebenarnya tidak harus selalu menggunakan micin. Kita bisa menggunakan bahan-bahan pengganti micin lain yang memberikan rasa gurih tersebut pada masakan.

Salah satu bahan yang menjadi andalan untuk memberikan rasa gurih pada masakan adalah jamur. Bahan satu ini memang dikenal memiliki rasa gurih dan sering dijadikan sebagai pengganti daging oleh para vegetarian.

Untuk membuat kaldu jamur kita bisa menggunakan beberapa jenis jamur sebagai bahan utama. Jamur yang paling sering digunakan untuk membuat kaldu adalah jamur tiram, shitake, kancing, dan merang. Meskipun pada dasarnya jamur lain juga bisa memberikan citarasa gurih khas jamur pada masakan.

Membuat kaldu dari jamur sebenarnya mudah, dan bahan yang digunakan juga mudah didapatkan. Hanya saja membuat kaldu dalam bentuk kuah tentu memiliki beberapa kendala seperti penyimpanan. Selain itu meski proses pembuatannya mudah, namun dikutip dari Kompas setidaknya pembuatan kaldu jamur memerlukan waktu selama 3 jam.

Cara paling mudah untuk bisa menikmati masakan yang gurih lezat alami adalah menggunakan kaldu jamur bubuk. Seperti kaldu bubuk lainnya, kaldu jamur bubuk bisa digunakan kapan saja karena sudah banyak dijual di pasaran. Namun kita sendiri tidak oleh sembarangan memilih produk kaldu jamur bubuk.

Tujuan awal memilih kaldu jamur adalah untuk menikmati masakan yang gurih alami tanpa micin. Namun pada kenyataannya ada produk kaldu jamur bubuk yang menggunakan MSG pada komposisinya. Maka kita harus lebih jeli dalam memilih produk. Selain itu juga perhatikan apakah produk tersebut menggunakan bahan pengawet, pewarna dan juga perasa sintesis.

Pastikan kaldu jamur bubuk yang dipilih adalah kaldu yang berasal dari jamur asli, bukan hanya memiliki perasa dan aroma seperti jamur. Produk yang menggunakan jamur asli sebagai komposisi seperti Kaldu AlaNia Jamur tentu akan memberikan rasa yang lebih lezat pada masakan.


danikustiawan

Content Creator - Learner - Basketball Addict

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.