Mengapa Makanan Khas Indonesia Kurang Populer di Dunia?

Mengapa Makanan Khas Indonesia Kurang Populer di Dunia?

Beragamnya kuliner khas Indonesia menjadikannya sebagai keunggulan untuk menarik minat wisatawan ataupun penyebarannya ke negara lain. Bahkan makanan yang digemari banyak orang seperti rendang, dan nasi goreng pernah menjadi makanan terenak di dunia versi CNN. Namun ternyata makanan khas Indonesia di mata dunia tidak sepopuler yang kita kira.

Dibandingkan dengan negara lain seperti Tiongkok, Jepang, Korea, atau bahkan Thailand, dan Vietnam, kepopuleran masakan Indonesia masih kalah. Menurut Chef Degan, mantan Juri MasterChef Indonesia yang dikutip dari OkeZone, hal ini diakibatkan kurangnya promosi dan yang terpenting adalah kurangnya komunitas besar yang tersebar di seluruh dunia.

Adanya komunitas tersebut mempengaruhi distribusi logistik produk-produk asli negaranya. Besarnya komunitas Vietnam menjadikan masakan Vietnam lebih mudah dibuat karena produk-produk asli yang dibutuhkan bisa tersedia di negara tersebut. Hal ini juga mengakibatkan lebih banyaknya restoran Vietnam yang bisa ditemui karena bahan-bahan yang perlukan bisa didapatkan dengan mudah untuk menjamin rasa asli masakan tersebut. Berbeda dengan masakan Indonesia yang harus menyesuaikan bahan-bahan menggunakan produk dari negara lain seperti yang dialami oleh Chef Degan.

Penggunaan rempah-rempah pada masakan Indonesia memang begitu banyak. Bahkan bisa dikatakan hampir semua masakan Indonesia menggunakan rempah-rempah. Mendapatkan rempah-rempah dengan mudah di negara lain tentu akan memudahkan dalam membuat masakan khas Indonesia agar sesuai dengan citarasa aslinya, dan akan meningkatkan minat pengusaha untuk membuka restoran masakan Indonesia.

Dengan kemudahan ini tentu akan memastikan masakan Indonesia memiliki citarasa asli dan menarik minat para konsumen untuk mencoba masakan Indonesia. Apalagi selain memberikan citarasa, rempah-rempah seperti, bawang merah, bawang putih, kunyit, dan merica memiliki manfaat yang baik bagi tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.