Menu Vegetarian Mahal? Masak Sendiri Saja di Rumah

Menu Vegetarian Mahal? Masak Sendiri Saja di Rumah

Gaya hidup vegetarian semakin berkembang dalam beberapa tahun terakhir. Hal ini mengakibatkan peluang bisnis restoran khusus vegetarian sangat terbuka, dan terbukti dengan jumlah yang meningkat pesat dari 50 restoran pada tahun 2010 menjadi 436 restoran pada tahun 2018. Namun perkembangan gaya hidup vegetarian bisa saja terhambat dengan pemikiran orang yang menganggap makanan vegetarian harganya mahal.

Bagi sebagian orang memang makanan vegetarian bisa dianggap mahal karena perbedaan tingkat ekonomi. Mahalnya harga menu vegetarian diakibatkan oleh beberapa faktor. Hal pertama yang perlu diingat adalah, dengan menjalani pola vegetarian tentu kita tidak akan mengonsumsi segala olahan yang berasal dari hewan meskipun ada yang mengecualikan pada produk telur dan susu. Dengan meninggalkan konsumsi produk hewani tentu kita juga akan kehilangan segala nutrisi yang terkandung di dalamnya. Maka dari itu perlu diperhatikan pada makanan vegetarian agar kita bisa mendapatkan alternatif makanan dengan kandungan nutrisi yang sama seperti produk hewan.

Faktor selanjutnya adalah bahan yang digunakan dalam makanan vegetarian. Beberapa restoran vegetarian tentu memilih bahan terbaik untuk disajikan kepada pelanggan. Produk organik biasanya menjadi pilihan karena lebih sehat, dan terkadang perlu produk import untuk pemilihan bahan yang akan disajikan. Keduanya tentu memiliki harga yang lebih mahal dari produk pada umunya.

Selain dari dua faktor di atas, pengolahan makanan vegetarian memerlukan inovasi yang membuat orang tidak kesulitan menjalani pola vegetarian. Salah satu inovasi dalam penyajian makanan adalah dengan membuat makanan yang memiliki rasa dan tekstur seperti produk hewani, seperti daging palsu yang dibuat menggunakan jamur, gluten, atau kedelai.

Sebenarnya menjalani pola hidup vegetarian tidak harus atau tidak selalu mengaluarkan uang yang lebih banyak. Persepsi kebanyakan orang akan mahalnya biaya menjadi vegetarian disebabakan oleh media sosial. Influencer yang menyebarkan pola hidup vegetarian kebanyakan mengikuti cara orang luar negeri. Tentu ini berdampak pada bahan-bahan yang digunakan dalam masakan yang memakai sayuran premium yang tidak ada di Indonesia sehingga menjadikan harga melambung.

Dengan masakan lokal Indonesia dan masakan sendiri juga sebenarnya bisa menjalani pola ini asal tetap memperhatikan gizi yang diperlukan tubuh tetap terpenuhi. Resep masakan untuk vegetarian sendiri bisa dicari sendiri karena beredar di internet. Bahkan masakan sederhana seperti tumis kangkung saja sudah termasuk kategori vegetarian. Sebenarnya banyak masakan tradisional Indonesia yang bisa dikonsumsi untuk menjalankan pola ini, kita hanya tinggal kreatif saja untuk mencari resep masakan untuk vegetarian.

Kaldu-AlaNia-Jamur-Vegetarian
Kaldu AlaNia Jamur dan Kaldu AlaNia Sayuran (Vegetarian)

Salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam membuat masakan sendiri untuk menu vegetarian adalah penggunaan penyedap rasa. Pada umunya penyedap rasa yang dijual di pasaran adalah rasa sapi dan ayam. Jika menggunakan penyedap rasa tersebut tentu menyalahi paham vegetarian karena mengandung olahan hewani. Makan dari itu solusinya adalah menggunakan penyedap rasa atau kaldu dengan bahan jamur ataupun sayuran lainnya. Pilihlah penyedap rasa/kaldu sehat non MSG seperti Kaldu AlaNia Jamur atau Kaldu AlaNia Sayuran yang memang khusus dibuat untuk para vegetarian. Jangan khianati pemikiran kita untuk menjalani pola hidup sehat dengan vegetarian justru menggunakan produk olahan hewani dan tambahan bahan-bahan yang bisa berbahaya bagi tubuh seperti MSG dan pengawet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.