Merica, Si Rempah Kecil Banyak Manfaat

Merica, Si Rempah Kecil Banyak Manfaat

Merica atau sering juga disebut lada, adalah salah satu rempah yang sering digunakan untuk membumbui masakan. Tidak hanya itu, merica juga memiliki banyak manfaat sehingga sering dijadikan campuran ramuan obat herbal. Jadi apa saja kandungan dan manfaat dari merica atau lada?

Terdapat dua jenis lada yang kita ketahui yaitu lada putih dan lada hitam. Meskipun berasal dari tanaman yang samah, namun pengolahan yang berbeda menghasilkan dua jenis lada yang memiliki rasa dan aroma khas berbeda. Rasa dan aroma itulah yang menjadikan merica menjadi tambahan bumbu untuk masakan.

Meskipun hanya berupa butiran-butiran kecil, ternyata merica mengandung banyak nutrisi dengan berbagai manfaat bagi tubuh. Berikut adalah beberapa kandungan nutrisi dalam merica.

Infografis-Merica-Lada-Kaldu-AlaNia
Kandungan Nutrisi Merica/Lada – Kaldu AlaNia

Kandungan dalam merica setidaknya terdiri dari Vitamin K, Vitamin B1, B2, B3, Vitamin E, Serat, Kalsium, Besi, Kalium, Mangan, Magnesium, Seng. Dari kandungannya yang banyak, tidak heran merica menjadi salah satu campuran obat baik tradisional seperti jamu, ataupun obat-obat herbal modern sekalipun. Manfaat kesehatan yang bisa kita dapatkan dari merica adalah sebagai berikut :

Membunuh Sel Kanker

Merica memiliki rasa pedas karena mengandung senyawa capcaisin seperti cabai. Berdasarkan penelitian seorang ilmuwan asal Inggris di University of Nottingham, dan studi lain oleh American Association of Cancer Research, Capcaisin ini mampu membunuh sel kanker tertentu, terutama sel kanker prostat.

Menjaga Kesehatan Jantung

Sifat alami merica mampu membangkitkan tenaga panas dalam tubuh yang mengakibatkan tubuh memproduksi keringat lebih banyak. Hal ini bertujuan untuk membuang cairan berlebih dalam tubuh, terutama pada organ jantung. Cairan berlebihan pada organ jantung menyebabkan tekanan pada jantung dan menurunkan fungsi dari jantung, menyebabkan retensi air dalam tubuh dan menimbulkan kesulitan bernafas karena tekanan berlebih pada paru paru.

Dekongestan

Selain untuk membuang cairan berlebih pada tubuh, panas yang dihasilkan oleh merica juga berguna untuk membersihkan saluran hidung dan mengatasi hidung tersumbat. Dengan melawan infeksi saluran hidung membuat proses bernafas menjadi normal kembali.

Mengontrol Tekanan Darah

Merica mengandung senyawa flavonoid, vitamin A dan juga vitamin C yang mampu mengandalikan tekanan darah, sehingga sangat berguna terutama bagi pengidap darah tinggi.

Antioksidan

Selain berfungsi sebagai pengontrol tekanan darah, falvonoid, vitamin A, dan vitamin C juga merupakan zat antioksidan yang mampu melawan berbagai organisme yang masuk ke dalam tubuh dan bisa membahayakan tubuh.

Manfaat dari merica di atas hanyalah sebagian dari banyaknya manfaat yang bisa kita dapatkan. Bahkan merica juga mampu mengatasi masalah jerawat dan juga ketombe. Dari rasa dan aroma untuk masakan beserta manfaat-manfaat kesehatan yang kita bisa dapatkan dari merica, tentu tidak boleh kita sia-siakan.

Keistimewaan merica inilah yang juga menjadi alasan setiap produk Kaldu AlaNia menggunakan merica sebagai salah satu bahannya. Selain melezatkan masakan, penggunaan Kaldu AlaNia juga tentu akan memiliki manfaat bagi kesehatan, apalagi Kaldu AlaNia tidak menggunakan bahan pengawet, MSG, dan pewarna. Jadi masakan yang anda buat lezatnya sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.