Berbagai anjuran untuk menjaga kekebalan tubuh dalam situasi pandemi virus corona banyak dibagikan orang-orang. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan berolahraga. Namun mengapa para atlet profesional juga tetap terjangkit COVID-19?

Sejatinya seorang atlet tentu memiliki tubuh yang bugar untuk menunjang kegiatannya olahraga yang dilakukannya. Melakukan kegiatan olahraga sendiri diklaim mampu meningkatkan imunitas tubuh dan sebagai bagian dari pola hidup sehat.

(baca : Inspirasi Pola Hidup Sehat ala Kobe Bryant)

Namun pesepakbola seperti Paulo Dybala, pebasket Kevin Durant, dan juga infulencer kebugaran seperti Andrea Dian justru positif terjangkit virus corona. Lantas apa yang menyebabkan hal tersebut?

Menurut Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga (PDSKO), intensitas tinggi dengan volume tinggi dalam melakukan aktivitas fisik justru akan semakin tinggi resiko terinfeksi virus. Pengaruh aktivitas fisik pada kekebalan tubuh bisa digambarkan dengan “Kurva J”.

kurva-j
Kurva J (foto: Panduan Hidup Aktif PDSKO)

Dari gambar di atas bisa dilihat bahwa aktivitas fisik dengan intensitas sedang justru akan rendah resiko terinfeksi karena kekebalan tubuh yang meningkat. Intensitas tinggi dalam menjalani kompetisi olahraga memang bisa menyebabkan kelelahan para atlet dan mengakibatkan imunitas tubuh menurun.

Melihat para atlet saja bisa terserang corona bukan berarti kita tidak perlu melakukan kegiatan olahraga, apalagi di tengah anjuran untuk #DiRumahAja bukan berarti bisa bermalas-malasan seperti #KaumRebahan. Anjuran untuk tidak keluar rumah jika tidak terlalu mendesak bukan halangan untuk tetap berolahraga.

(baca : Waspada Virus Corona! Ini Langkah Pencegahannya)

Selain berolahraga, pastikan juga tubuh mendapatkan makanan bergizi dan juga lakukan pola hidup sehat lainnya selain menjaga kebersihan diri dan juga lingkungan sekitar. Stay Safe.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.