Mohandas Karamchand Gandhi atau lebih dikenal dengan nama Mahatma Ghandi merupakan tokoh spiritual dan politik dari India. Beliau adalah salah satu tokoh penting dalam gerakan kemerdekaan India. Selain perannya yang begitu besar untuk tanah India, pola hidup sehat ala Mahatma Ghandi juga masih menjadi panutan hingga saat ini.

Kebiasaan untuk memperhatikan makanan didapatkan dari ibunya sejak masih kecil. Ghandi memang dibesarkan di keluarga yang merupakan vegetarian, sehingga selalu memperhatikan makanan yang dikonsumsi. Pola hidup yang penuh dengan kesederhanaan menjadi acuan banyak orang untuk mengikutinya.

Berikut adalah pola hidup sehat ala Mahatma Ghandi yang bisa dijadikan acuan pada hidup kita :

Rutin Berpuasa

Terlepas dari puasa yang dijalami berdasarkan ajaran agama, Ghandi mempercayai puasa bisa mengistirahatkan organ pencernaan. Bahkan puasa dijadikan sebagai gerakan untuk menentang kolonial Inggris yang menindas India. Puasa yang dilakukan selama 21 hari tersebut menjadi simbol perlawanan India terhadap Inggris.

Menjadi Vegetarian

Mahatma Ghandi dibesarkan di keluarga vegetarian, sehingga tak heran Ghandi ketika muda terobesesi menjadi vegan meskipun pada akhirnya beliau menyerah saat diserang disentri akut. Pengalaman itu menjadi pelajaran bagi Ghandi, bahwa agar tetap bugar, diet vegetarian tetap harus mencakup susu dan produk susu seperti mentega, seperti tulisan dalam bukunya The Moral Basis of Vegeterianism.

Mengurangi Asupan Gula

Mahatma Ghandi berhenti mengonsumsi makanan dan minuman manis selain yang bersumber dari buah-buahan. Manis alami dari buah-buahan lebih aman untuk dikonsumsi. Selain itu juga Ghandi rutin meminum air hangat yang dicampur madu meskipun beredar kabar mengonsumsi madu seperti itu berbahaya bagi tubuh, namun Ghandi tidak menemukan jawaban yang memuaskannya.

Menyantap Makanan Mentah

Ghandi percaya menyantap sayuran dan buah-buahan secara langsung tanpa proses memasak adalah makanan dalam bentuk paling murni dan lebih sehat. Meskipun menyantap sayuran, kacang dan biji-bijian memnuat tubuh lemas, Ghandi menyiasatinya dengan menambahkan susu atau ghee yang merupakan superfood bernutrisi bagi tubuh.

Menghindari Alkohol dan Tembakau

Menurut Mahatma Ghandi, alkohol dan tembakau adalah barang yang bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan dalam tubuh. Tembakau sebagai penyebab kerusakan paru-paru, sedangkan alkohol menyebabkan berbagai penyakit seperti serangan jantung, diabetes, dan penyakit lainnya. Sehingga tak heran Ghandi begitu menghidari kedua barang tersebut.

Selain 5 pola hidup sehat di atas, Mahatma Ghandi juga dipercaya telah berjalan selama 79.000 km semasa hidupnya, atau 18 km dalam sehari. Meditasi juga dilakukan Ghandi untuk menurunkan stres, kecemasan, dan tekanan darah.

Terlepas dari pola hidup yang telah dilakukannya, Mahatma Ghandi tidak pernah memaksakan kepada orang-orang di sekitarnya karena beda orang, beda budaya, makan akan berbeda pula pola hidup sehat yang cocok dilakukan. Apalagi penolakan Ghandi terhadap makanan olahan pabrik tentu sulit untuk dihindari pada saat ini. Asalkan produk tersebut terbuat dari bahan-bahan segar pilihan terbaik, tanpa bahan-bahan berbahaya seperti pengawet dan pewarna buatan, dan juga lingkungan produksi yang memenuhi standar Good Manufacturing Practices (GMP) seperti Kaldu AlaNia tentu aman untuk dikonsumsi.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.