Beberapa wilayah di Indonesia mengalami perubahan cuaca dengan masuknya musim penghujan. Musim hujan dengan udara dingin bisa berdampak pada kesehatan tubuh. Salah satu penyakit yang menyancam pada musim hujan adalah flu dan batuk.

Berbagai penelitian menyatakan bahwa virus flu pada suhu yang dingin akan berkembang biak dan menyebar lebih cepat. Hal ini yang mengakibatkan mudahnya flu menyebar dari satu orang ke orang lain di musim hujan.

Penyebaran flu juga dipengaruhi oleh rendahnya daya tahan tubuh pada musim hujan. Perubahan udara dan temperatur mengakibatkan tubuh bekerja lebih keras untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar. Hal ini berpengaruh pada semua umur baik itu anak-anak maupun dewasa.

Untuk mencegah dan menghindari penyakit ini selama musim hujan, bisa melakukan beberapa hal seperti menjaga kebersihan tangan dan tidak menyentuh wajah saat tangan kotor. Virus flu dapat masuk ke dalam tubuh melalui mata, hidung, dan mulut, biasanya melalui tangan yang kotor.

Mengonsumsi makanan yang bergizi juga perlu diperhatikan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Konsumsilah buah dan sayuran lebih banyak, dan pastikan tubuh anda mendapatkan protein yang banyak dari makanan seperti telur, daging, atau ikan, untuk memperkuat daya tahan tubuh. Selain itu juga berolahraga dengan rutin setiap hari.

Hindari juga penyebab melemahnya daya tahan tubuh seperti merokok bagi perokok, asap rokok bagi orang yang tidak merokok, dan kurang tidur. Perokok aktif berat lebih mudah dan sering terkena flu karena asap rokok dapat membuat saluran pernapasan menjadi kering dan meradang. Akibatnya, virus, kuman, dan debu di saluran napas akan lebih sulit dikeluarkan. Kurang tidur juga berakibat pada meningkatnya hormon stres dan melemahkan daya tahan tubuh, sehingga rentan terkena virus.

Jika semua upaya mencegah flu dan batuk telah anda lakukan namun tetap terkena virus tersebut, maka lakukanlah cara alami berikut untuk menyembuhkannya. Sebelum memutuskan untuk mengonsumsi obat, dengan mengonsumsi makanan tertentu ternyata bisa menyembuhkan flu dan batuk secara alami.

Saat terserang flu dan batuk, tubuh memerlukan nutrisi dan energi yang banyak untuk menciptakan sel imunitas agar mampu melawan virus yang masuk ke dalam tubuh. Salah satu nutrisi yang dibutuhkan adalah protein yang terdapat pada makanan seperti telur, daging, dan susu. Zat ini mampu membangun dan menjaga sistem kekebalan tubuh.

Selain protein, vitamin A juga baik untuk sistem kekebalan tubuh, dan membantu menjaga jaringan di mulut, usus, dan saluran pernapasan agar tetap sehat. Beberapa makanan yang mengandung vitamin A adalah wortel, ubi jalar, bayam, susu, dan telur.

Kedua nutrisi yang dibutuhkan untuk mengatasi flu dan batuk di atas bisa terpenuhi hanya dengan satu sajian sup. Mengonsumsi Sup Kaldu Ayam dengan tambahan wortel, ubi jalar, telur, atau bayam saja sudah mendapatkan kedua nutrisi tersebut. Bahkan dalam sebuah penelitian, sup kaldu ayam mampu menangkal penyakit malaria.

(baca : Hangatkan Badan Dengan Sup Kaldu Ayam yang Banyak Manfaat di Musim Hujan)

Untuk melengkapi santapan sup kaldu ayam, minumlah susu atau minuman hangat rempah-rempah yang juga memiliki manfaat bagi tubuh. Untuk menghindari flu dan batuk kuncinya adalah menjaga daya tahan tubuh dan kebersihan lingkungan di musim hujan.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.