Gorengan atau makanan yang dimasak dengan cara digoreng cenderung lebih disukai banyak orang. Rasa gurih yang dipadukan dengan sensasi kriuk renyahnya kadang bisa membuat orang susah berhenti memakan gorengan.

Gorengan sendiri biasa dinikmati sebagai camilan di berbagai kondisi, baik saat berkumpul bersama teman atau saat nonton bareng pertandingan olahraga. Apalagi harganya yang murah menjadi alasan lain gorengan menjadi pilihan camilan.

(baca : Inilah Cemilan Sehat Saat Nongkrong dan Nonton Bareng)

Padahal terlalu banyak mengonsumsi gorengan akan memberikan dampak buruk pada kesehatan kita. Berbagai penyakit seperti penyakit jantung dan kanker usus bisa mengancam karena kandungan lemak dan radikal bebas pada gorengan.

Jika masih ingin mengonsumsi gorengan, tentu kita harus bisa membatasinya dan melakukan upaya untuk mengurangi resiko berbahaya seperti memperhatikan cara membuat gorengan agar lebih sehat. Mengonsumsi makanan dan minuman berikut juga bisa meredam efek negatif yang bisa ditimbulkan oleh gorengan.

Minum Air Hangat

Meminum air hangat setelah makan gorengan atau makanan berlemak akan membantu memecah nutrisi menjadi lebih mudah untuk dicerna. Kekurangan minum akan mengakibatkan usus menyerap air dari makanan sehingga bisa mengganggu pencernaan dan berakibat konstipasi (sembelit).

Konsumsi Buah dan Sayur

Pada dasarnya setiap orang memang dianjurkan untuk mengonsumsi buah dan sayur. Namun jika kita suka memakan gorengan maka semakin dianjurkan untuk memakan buah dan sayur.

Gorengan mengandung lemak trans yang bisa mengganggu proses pencernaan. Mengonsumsi sayur dan buah bisa memberikan serat agar proses pencernaan menjadi lancar.

Minum Minuman Detoks/Infused Water

Infused water dipercaya mampu membersihkan racun dalam tubuh. Selain mengeluarkan racun, minuman detoks juga bisa menjadi minuman untuk menurunkan berat badan.

Jus buah dan sayur juga bisa dijadikan minuman detoks selain infused water. Kita hanya tinggal memilih sesuai selera masing-masing agar bisa menghilangkan efek setelah makan gorengan.

Jangan Minum Es

Minum es tentu akan begitu segar apalagi setelah makan gorengan dengan cabai pedas. Namun ternyata minyak dan kolesterol dalam pencernaan bisa membeku dan akan sulit untuk dicerna oleh liver, usus, dan lambung.

(baca : Suka Makan Gorengan? Ini Cara Membuat Gorengan Sehat)

Konsumsi Makanan/Minuman Probiotik

Makanan atau minuman probiotik tentu sudah diketahui banyak orang akan manfaatnya untuk pencernaan. Bakteri baik dalam makanan atau minuman yang difermentasi memang bisa menyehatkan pencernaan dan bahakan mendorong terbentuknya imunitas tubuh.

Untuk mendapatkan manfaatnya agar mengurangi efek negatif setelah makan gorengan kita bisa mengonsumsi yogurt, kimchi, kefir, dan bahkan tempe.


Mengonsumsi gorengan memang sulit untuk dihentikan, dan kebanyakan orang tidak menyadari efek negatifnya. Namun kita bisa melakukan berbagai upaya seperti di atas untuk meminimalisir dampak buruknya. Meski begitu, mengonsumsi gorengan sendiri harus tetap dibatasi dan dikonsumsi sewajarnya.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.