Ibadah puasa sudah mulai memasuki hari-hari terakhir. Kebanyakan orang sudah mulai malas untuk bangun makan sahur. Padahal selain memiliki keutamaan, makan sahur juga penting agar tubuh mendapatkan energi selama menjalankan ibadah puasa seharian.

Bangun pada waktu dini hari memang menjadi halangan bagi sebagian orang untuk makan sahur. Apalagi selera makan pada waktu sahur biasanya begitu rendah. Lantas apa yang harus dilakukan agar tetap bersemangat saat makan sahur? Simak 5 tips agar semangat saat makan sahur berikut.

1. Tidur Lebih Awal

Melawan rasa kantuk di saat harus bangun pada dini hari untuk makan sahur memang menjadi tantangan tersendiri. Bangun saja sudah sulit, apalagi harus makan sahur. Untuk menghindari rasa kantuk bisa disiasati dengan tidur lebih awal agar waktu tidur tetap ideal dan tubuh juga sudah siap untuk makan sahur.

2. Siapkan Makanan Kesukaan Untuk Makan Sahur

Menikmati makanan kesukaan memang bisa meningkatkan selera makan, maka dari itu cara ini bisa dilakukan juga agar kita bersemangat untuk bangun dan makan sahur. Namun perlu diperhatikan juga nutrisi pada makanan tersebut, jangan sampai kita hanya mengonsumsi junk food hanya karena kita suka memakannya.

3. Persiapkan Makan Sahur Sebelum Tidur

Mempersiapkan makan sahur menjadi alasan lain untuk malas makan sahur. Tidak seperti mempersiapkan sajian untuk berbuka dengan penuh semangat, mempersiapkan makan sahur hanya seadanya saja apalagi di hari-hari terakhir.

Agar saat bangun tidak malas untuk mempersiapkan makan sahur, kita harus mempersiapkan makan sahur sebelum tidur. Bisa mempersiapkan bahan-bahan saja, atau bahkan sudah matang dan tinggal dipanaskan saat makan sahur.

4. Hindari Makanan Berat

Makanan berat seperti nasi memang terkadang membuat malas untuk makan sahur. Maka dari itu makanan dengan tinggi karbohidrat tersebut bisa kita ganti dengan bahan lain. Makanan dengan berbumbu tajam dan bersantan juga sebaiknya dihindari karena biasanya menghilangkan selera maka, apalagi bisa juga mengakibatkan masalah pencernaan.

5. Hidangkan Minuman Hangat

Minuman hangat dengan aroma khas seperti teh, kopi, ataupun susu bisa memberikan kenyamanan pada tubuh. Selain itu juga menggugah selera kita agar bisa makan sahur.

Itulah 5 tips yang bisa kita lakukan agar tetap semangat makan sahur dan menjalankan ibadah puasa. Jangan sampai rasa malas malah menjadi penghambah bagi kita untuk meraih keberkahan dalam menjalankan ibadan puasa di bulan Ramdhan.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.