Tahukah teman-teman? Salah satu rempah yang paling sering digunakan dalam setiap masakan ini ternyata memiliki kandungan nutrisi yang banyak bagi tubuh loh. Bawang merah memang menjadi bahan dari hampir semua masakan Indonesia. Rempah satu ini memiliki aroma khas dan bisa menambah citarasa makanan. Meskipun diibaratkan sebagai tokoh yang jahat, ternyata bawang merah memiliki gizi yang baik untuk tubuh.

Bawang Merah mengandung berbagai vitamin, mineral dan senyawa tumbuhan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Selain kandungan Protein, Folat, Kalsium, Zat Besi, Magnesium, dan Vitamin C (lihat gambar), kandungan dalam bawang merah masih banyak yang bermanfaat bagi tubuh.

Infografis-Nutrisi-Bawang-Merah-Kaldu-AlaNia

Nutrisi Bawang Merah – Kaldu AlaNia

Berikut adalah beberapa zat lain yang ada pada bawang merah :

  • Zat quercetin dalam bawang merah termasuk zat antioksidan yang berperan penting dalam melawan efek radikal bebas berbahaya dalam tubuh.
  • Flavonoid dalam kandungan bawang merah membantu mengobati banyak penyakit, salah satunya adalah diabetes.
  • Alicin adalah senyawa yang dapat kita temukan pada bawang merah pada saat kita memotong atau mengirisnya. Senyawa ini dapat menghambat enzim Reduktase, yaitu enzim yang diproduksi oleh hati untuk membuat kolesterol.
  • Bawang merah dapat memainkan peranan yang penting dalam membuang racun dari aliran darah sehingga membantu detoksifikasi.

Itulah sebagian dari banyaknya manfaat bawang merah bagi tubuh. Jangan kalah untuk tidak menggunakannya hanya karena bisa membuat kamu menangis saat memotongnya ya, karena kandungan bawang merah sudah terbukti bermanfaat bagi tubuh.

(baca juga : Alergi MSG? Berikut Bumbu Penyedap Masakan Pengganti MSG)

FYI, bawang merah juga merupakan salah satu komposisi dari Kaldu AlaNia lho. Jadi bisa dibayangkan dong manfaat dari Kaldu AlaNia. Selain membuat masakan Anda Lezatnya Sehat, Kaldu AlaNia juga memiliki nilai gizi di dalamnya. Coba dan buktikan sendiri!

Kaldu AlaNia – Lezatnya Sehat
www.kaldualania.com


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.