Seledri biasa dijadikan taburan pelengkap untuk berbagai makanan seperti soto, sayur sop, ataupun hidangan bakso. Selain untuk pelengkap makanan, ternyata seledri memiliki berbagai manfaat untuk MPASI.

Bagi sebagian orang mungkin seledri dianggap tidak terlalu penting dan hanya memberikan sedikit aroma pada masakan. Padahal seledri memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita, termasuk untuk bayi.

(baca : Seledri, Sayuran ‘Tak Penting’ yang Ternyata Banyak Manfaat)

Berkat kandungan kalorinya yang rendah, seledri bahkan dijadikan sebagai menu diet dengan memakannya langsung atau dibuat jus. Seledri juga merupakan sumber vitamin C, dan baik untuk pencernaan bayi.

Berikut adalah manfaat seledri pada MPASI bayi :

Kaya Antioksidan

Kandungan antioksidan pada seledri termasuk tinggi, berkat kandungan vitamin C, beta karoten, flavonoid, dan senyawan antioksidan lainnya. Hal ini dibuktikan dalam penelitian Journal of Evidence Based Alternative Medicine.

Memberikan seledri secara teratur pada buah hati akan melindungi tubuhnya dari kerusakan sel DNA dan serangan berbagai penyakit yang diakibatkan radikal bebas.

Memperkuat Sistem Imun Tubuh

Bayi masih memiliki sistem imun tubuh yang rentan dari serangan penyakit. Kandungan vitamin C yang tinggi pada seledri bisa membantu memperkuat sistem imun tubuh si kecil agar bisa melawan serangan penyakit.

Melancarkan Saluran Pencernaan

Usia bayi dan anak-anak adalah saat di mana sering mengalami gangguan pencernaan. Untuk melancarkan proses pencernaan dibutuhkan kandungan serat yang berasal dari makanan. Seledri sendiri kaya akan serat yang baik untuk pencernaan, jadi sangat cocok untuk menjadi bahan MPASI agar bayi tetap sehat.

Memperkuat Tulang

Pertumbuhan tulang bayi tentu harus dibantu dengan nutrisi yang cukup agar berkembang dengan baik dan optimal. Seperti kita ketahui bahwa kalsium adalah senyawa yang baik untuk tulang. Seledri sendiri memiliki kandungan kalsium yang mampu mengoptimalkan pertumbuhan tulang pada bayi.

Sumber Vitamin dan Mineral

Meski berbentuk kecil, nyatanya seledri memiliki berbagai vitamin dan mineral yang cukup tinggi. Setidaknya seledri memiliki kandungan protein, karbohidrat, serat, zat besi, vitamin C, vitamin A, folat, seng, magnesium, dan potasium. Semua kandungan tersebut tentu dibutuhkan agar tumbuh kembang buah hati menjadi optimal.


Setelah mengetahui manfaat yang baik untuk si kecil, jangan ragu lagi untuk menggunakan seledri sebagai bahan untuk MPASI ya bunda. Namun perlu diperhatikan bahwa seledri baru boleh diberikan pada usia 10 – 12 bulan karena bisa menimbulkan alergi jika diberikan terlalu dini.

Banyaknya manfaat yang bisa kita dapatkan dari seledri tentu tidak boleh disia-siakan begitu saja. Maka dari itu Kaldu AlaNia menciptakan Kaldu Vegetarian (Sayuran) yang terbuat dari Seledri, Bayam, Jamur, dan Merica sebagai bahan utama. Selain manfaat di atas tentu akan mendapatkan manfaat lain dari kandungan bahan-bahan lain, dan tentunya rasa lezat untuk masakan anda.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.