Wabah virus corona tengah menggemparkan dunia. Virus yang mulai tersebar dari daerah Wuhan, China ini begitu cepat menyebar ke berbagai negara di dunia. Saat ini sudah 16 negara yang dikonfirmasi terjangkit virus corona.

Virus corona ini menyebar dari sebuah pasar ikan yang menjual menu makanan dari hewan liar seperti kelelawar, ular, dan tikus yang diyakini sebagai sumber dari virus tersebut. Virus corona ini masih sejenis dengan virus corona lain yang pernah memakan banyak korban yaitu MERS dan SARS yang sama berasal dari hewan.

Sampai saat ini virus corona telah mencapai 1300 kasus di China, dan mencapai 4000 kasus di seluruh dunia. Angka kematian yang terjadi di China sendiri telah mencapai 106 korban, per Selasa (28/01/2020). Sementara di negara lain selain China belum ada korban meninggal yang diakibatkan corona virus.

Meskipun Badan Kesehatan Dunia (WHO) tidak menyatakan kasus ini sebagai darurat dunia, dan hanya darurat China, lebih baik kita melakukan pencegahan agar terhindar dari virus corona tersebut. Berikut adalah cara yang bisa dilakukan untuk bisa terhindar dari virus corona.

  1. Bersihkan tangan secara rutin. Pastikan kebersihan tangan sebelum menyentuh hidung, mata, dan telinga, apa lagi setelah menyentuh instalasi publik.
  2. Cuci tangan menggunakan air dan sabun cair. Untuk memastikan kebersihan tangan, pastikan mencuci tangan dengan sabun dan dibilas dengan air mengalir minimal 20 detik. Bisa juga menggunakan alkohol 70-80% hand rub.
  3. Gunakan masker. Virus corona tersebar melalui udara, sehingga untuk memaksimalkan pencegahannya adalah dengan menggunakan masker.
  4. Hindari mengonsumsi makanan dengan bahan hewan liar. Virus corona berasal dari hewan liar yaitu kelelawar dan ular. Di China sendiri memakan makanan ekstrim seperti itu merupakan budaya, sama seperti beberapa daerah di Indonesia.
  5. Masak daging sampai matang. Beberapa orang lebih suka mengonsumsi daging setengah matang dengan alasan agar tidak keras saat digigit. Padahal daging yang belum matang bisa mengandung bakteri seperti salmonella, E. coli, dan juga corona.
  6. Istirahat cukup dan makan makanan bergizi. Kedua hal ini akan membantu menjaga imunitas tubuh agar kondisi tubuh tetap prima dan menangkal bakteri dan virus yang menyerang tubuh.
  7. Hindari kontak dengan hewan liar. Virus corona berawal dari lingkungan pasar yang menjual berbagai hewan liar, maka menghindari kontak dengan hewan seperti anjing, kucing, tikus, burung, ular, dan kelelawar adalah cara terbaik.

Langkah di atas merupakan cara terbaik yang bisa kita lakukan untuk mencegah terjangkit virus corona. Meskipun saat ini Indonesia terbebas dari virus corona, namun melakukan semua upaya di atas tetap akan memberikan manfaat bagi diri kita sendiri. Semoga wabah ini bisa segera teratasi dan semua korban bisa kembali sehat seperti sedia kala.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.